Selasa, 01 Maret 2016

Adress Resolution Protocol (ARP)


Bila memahami konsep enkapsulasi data, dimana layer 3 adalah network, sedangkan layer 2 adalah data link, maka dalam konsep komunikasi data, perlu punya 2 alamat, satunya alamat fisik (MAC Adress) dan satunya alamat logika (IP Adress). Kedua nya disimpan dalam ARP Tabel. ARP Tabel isinya IP dan MAC Adress. Nah kalo tahu ip nya berapa, tapi gak tahu MAC nya ? ya pake cara Adress Resolution Protocol.

Animasi dari Brian Pierce diatas lebih memudahkan pemahaman. ARP (Adress Resolution Protocol) adalah sebuah metode agar host bisa mengetahui MAC Adress dari sebuah network. Modelnya seperti bertanya ke seluruh network, misalnya  "siapa yang IP nya 192.168.1.1? kasi MAC Adress nya dong!" Dan yang merasa IP nya "dipanggil" akan menjawab pertanyaan tersebut. Dalam konteks ini, penanya mengirimkan ARP Request yang bersifat broadcast (ke semua host), dan yang menjawab memberi jawaban yand disebut ARP Replay yang bersifat unicast (ke 1 host saja).

Nah kalo punya MAC Adress nya saja gak tahu IP nya berapa? Pake model kebalikanya, yaitu Reverse Adress Resolution Protocol (RARP). Modelnya sama, nanya RARP Request, dan dijawab RARP Replay. Kok bisa gitu? Misalnya konek ke DHCP Server untuk mendapatkan IP Address.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar